Doa Agar Kuat Hafalan

Mujarrabat Hafalan Kuat

Imam Jalaluddin Abdurrahman al-Suyuthiy mengutip Mujarrabat untuk menajamkan dan menguatkan hafalan dari syaikh Shalih Syihabuddin Ahmad Bin Musa Bin Muhammad Rahimahullah (semoga Allah membaerikan rahmat kepadanya).
Beliau berkata: “Siapa saja yang ingin memiliki hafalan kuat hendaklah ia setiap hari membaca 10 kali ayat dan doa sebagai berikut:
فَفَهَّمْنَاهَا
­ سُلَيْمَانَ وَكُلاًّ آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُودَ الْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِينَ . يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَنُوْحٍ وَاْبْرَاهِيْمَ­ وَعِيْسَى وَمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكْرِمْنِى بِجُوْدَةِ الْحِفْظِ وَسُرْعَةِ الْفَهْمِ وَارْزُقْنِى الْحِكْمَةَ وَمَعْرِفَةِ الْعِلْمَ وَثَبَاتَ الذِّهْنِ وَالْعَقْلِ وَالْحِلْمِ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . (10 X)

Artinya: “maka Kami telah memberikan paham kepada Nabi Sulaiman tentang hukum dan ilmu pengetahuan yang lebih tepat; dan kepada mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Nabi Daud. Dan Kamilah yang melakukannya”. (al-ambiya ayat: 79)

Wahai Allah yang maha hidup dan maha berdiri pada dzatnya sendiri, Tuhannya Nabi Musa dan nabi Harun, Nabi Nuh Nabi Ibrahim Nabi Isa dan Nabi Muhammad Semoga Allah memberikan shalawat kepadanya, muliakan aku dengan hafalan yang bagus, pemahaman yang tangkas, anugrahkan aku hikmah, ilmu pengetahuan, kecerdasan yang mantap, akal yang sempurna dan kesabaran dengan pangkat Nabi Muhammad semoga Allah memberikan shalawat kepadanya.